tugas metode riset 2

Nama       : Iksannur Hidayatullah

NPM         : 12209315

Kelas        : 3EA01

 

Pengarang : Ribka Liana Philippus Malau

ANALISIS JURNAL I

  • TEMA

“Pentingnya Alat Pengendalian, Evaluasi & Sistem Umpan Balik Pada suatu Industri”

  • LATAR BELAKANG

Pengendalian manajemen menjadi salah satu area penting dalam penelitian perilaku organisasi, sejalan dengan pertumbuhan tekanan ekonomi, iklim industri yang tidak menentu, krisis ekonomi, dan keadaan lingkungan eksternal lainnya seperti konsumen, tingkat persaingan, pasar, pemasok, distributor, sikap masyarakat dan pemerintah.

  • MASALAH & TUJUAN

Masalah :

Keefektifan suatu sistem pengendalian ditentukan antara lain oleh seberapa jauh sistem tersebut sesuai dengan karakteristik organisasi. Pendekatan kontijensi ini mengatakan bahwa sistem pengendalian akan lebih bisa menunjang pencapaian tujuan organisasi apabila desainnya sesuai dengan kondisi lingkungan organisasi. Sebaliknya sistem pengendalian yang tidak sesuai dengan karakteristik organisasi bisa menimbulkan dysfunctional behavior bagi anggota organisasi.

Tujuan :

Untuk mengetahui perbedaan proses sistem pengendalian manajemen (SPM) yang difokuskan pada alat pengendalian sebagai atribut SPM dan mekanisme SPM yaitu evaluasi dan sistem umpan balik pada industri manufaktur dan jasa di Jakarta

Penelitian ini dilakukan di organisasi jasa dan manufaktur dengan alasan kedua organisasi ini cukup berbeda secara signigikan dari sisi karakteristik dan jenis industri yang dihasilkan sehingga membuat sistem pengendalian manajemen mempunyai bentuk dan ukuran efektifitas yang berbeda pula untuk masing-masing jenis usaha tersebut.

  • METODOLOGI

Penelitian ini menggunakan metode survey ke manajer suatu unit bisnis, pusat laba atau divisional dalam perusahaan baik manufaktur maupun jasa yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, Hipotesis diuju dengan analisis varians (ANOVA)

  • ANALISIS

Deskripsi :

Sistem pengendalian organisasi yang juga disebut sebagai sistem pengendalian administratif atau birokratis, didesain untuk mengarahkan atau mengatur aktivitas anggota organisasi agar sesuai dengan karakteristik organisasi.

Keberhasilan suatu sistem pengendalian ditentukan antara lain oleh seberapa jauh sistem tersebut sesuai dengan karakteristik organisasi.

Alat analisis & Perhitungan:

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian observasi dan survey.

Kesimpulan :

Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara sistem pengendalian manajemen yang diukur melalui alat pengendalian atau atribut pengendalian, mekanisme evaluasi berdasarkan anggaran dan sistem umpan balik baik pada kelompok industi manufaktur maupun jasa.

 

Analisis Jurnal II

Pengarang : Muhammad Ezhar

ANALISIS JURNAL

  • TEMA

“Peranan Sektor Pertanian & Sektor Unggulan Terhadap Pembangunan Kawasan Ekonomi Propinsi Jawa Barat”

  • LATAR BELAKANG

Agro industri sebagai subsistem pertumbuhan yang mempunyai potensi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, karena memiliki peluang pasar & nilai tambah yang besar. Pengembangan agroindustri dapat menjadi pintu mask proses transformasi struktur ekonomi dari pertanian ke industri.

  • MASALAH & TUJUAN

Masalah:

Peranan sektor pertanian, selain sebagai sumber penghasil devisa yang besar, juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Sektor pertanian juga banyak menyerap tenaga kerja yang pada umumnya adalah tenaga kerja yang tidak terdidik, tidak memiliki keterampilan & pemerataan pendapatan yang tidak merata. Atas kondisi ini sehingga bargaining power yang dimiliki oleh para petani sangat lemah, sehingga nilai jual produk juga sangat berpengaruh terhadap kondisi ini.

Tujuan:

1. Seberapa besar tingkat kontribusi sektor pertanian dalam perekonimian daerah dan apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan daerahnya.

2. Menganalisis sektor-sektor mana yang dapat memberikan efek multiplier yang besar

3. Menetapkan subsektor unggulan mana yang potensial untuk dikembangkan di propinsi Jawa Barat

  • METODOLOGI

Menggunakan pendekatan IRIO (Interregional Input-Output) yang merupakan metode pengembangan dari Input-Output Analysis.

Metode Analisis:

1. Analisis deskriptif dan atau tabulasi dengan melalui tabel-tabel, grafik, dan diagram, seperti data-data dari BPS, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen Pertanian, serta dinas-dinas terkait.

2. Analisis kuantitatif meliputi metode penentuan kawasan adalah: Location Quotient (LQ), Analisis Shift-share, Analisis IO (input-output) dan Analisis IRIO (interregional input-output)

  • ANALISIS

Deskripsi:

Ekonomi pertanian merupakan salah satu disiplin ilmu dalam ilmu ekonomi yang menerangkan dan mempelajari masalah-masalah pembangunan pertanian, dan diharapkan dapat memberikan alternatif-alternatif baru baik untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang tibul maupun utnutk mewujudkan cita-cita bangsa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat petani khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Alat analisis & perhitungan :

Menggunakan pendekatan IRIO (Interregional Input-Output) yang merupakan metode pengembangan dari Input-Output Analysis.

Metode Analisis;

1. Analisis deskriptif dan atau tabulasi dengan melalui tabel-tabel, grafik, dan diagram, seperti data-data dari BPS, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen Pertanian, serta dinas-dinas terkait.

2. Analisis kuantitatif meliputi metode penentuan kawasan adalah: Location Quotient (LQ), Analisis Shift-share, Analisis IO (input-output) dan Analisis IRIO (interregional input-output)

Kesimpulan:

  1. Tingkat kontribusi margin sektor di Propinsi Jawa Barat adalah sektor industri pengolahan, perdagangan, hotel, dan restoran, dan sektor pertanian (pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan) yang mempunyai nilai diatas 10% dari total PDRBnya.
  2. Sektor yang memiliki nilai multiplier besar terhadap perekonomian secara nasional sesuai dengan sektor unggulan Propinsi Jawa Barat, yaitu subsektor peternakan dan hasil-hasilnya
  3. Sektor dan subsektor unggulan Propinsi Jawa Barat berdasarkan analisis IRIO adalah sektor industri pengolahan, sektor bangunan dan sektor perdagangan, hotel & restoran.

 

ANALISIS JURNAL III

Pengarang : Suhendar Sulaeman, ( Program Magister Universitas Muhammadiyah, Jakarta)

  • Tema

“ Analisis Manfaat Lembaga Keuangan Berbentuk Koperasi (KSP/USP).”

  • Latar Belakang

Krisis ekonomi yang berkepanjangan ternyata memberikan peluang yang cukup baik bagi perkembangan lembaga keuangan mikro terutama KSP dan USP. Lembaga keuangan koperasi telah banyak memberikan manfaat kepada anggotanya untuk dapat menyimpan dan meminjam secara mudah dan murah. KSP dan USP mempunyai peluang yang sangat baik apabila dibangun dan dikembangkan secara baik serta mendapat perlindungan dari undang- undang dan pemerintah.

  • Masalah dan Tujuan

1. Masalah

Masih adanya kegiatan konsumsi dan produksi pada saat krisis menjadikan semakin mandulnya kinerja sektor perbankan. Sedangkan untuk kegiantan produksi dalam skala kecil khusunya masih dapat berjalan karena ditopang oleh pembiayaan dari lembaga keuangan mikro, yaitu kopersai. Ini artinya bahwa pendekatan dengan mengembangkan lembaga mikro terutama dalam bentuk koperasi simpan pinjam (KSP) sangatlah bijaksana.

2. Tujuan

1. Mengevaluasi manfaat dari lembaga keuangan Koperasi (KSP/USP)

2. Mengetahui perbandingan antara lembaga keuangan lain dengan

Koperasi.

  • Metode Penelitian

Metode Analisis:

1. Analisis deskriptif dan atau tabulasi dengan melalui tabel-tabel, grafik, dan diagram, seperti data-data dari BPS, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen keuangan, serta dinas-dinas terkait.

  • Kesimpulan

Lembaga keuangan koperasi (KSP/USP) telah memberikan manfaat untuk anggotanya untuk dapat menyimpan dan meminjam uang secara mudah dan murah. Dan tentunya akan lebih banyak dan berkualitas manfaatnya apabila berbagai hambatan dapat diselesaikan dengan baik..KSP dan USP mempunyai peluang yang sangat baik untuk menjadi lembaga keuangan yang sangat baik jika didukung dengan kebijakan, peraturan, dan pengembangan yang sangat baik.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s