analisis jurnal

Judul 1 : KEPUASAN PELANGGAN: RIVIU DAN PENGEMBANGANNYA DALAM MELAKUKAN

PENELITIAN. ( CUSTOMER SATISFACTION: RIVIEW AND ITS DEVELOPMENT IN DOING RESEARCH).

 

Tahun : 1 juli 2009

 

Pengarang : Johannes

 

Tema : Kepuasan terhadap hasil penelitian

 

Latar Belakang masalah:

 

Kepuasan adalah hal yang umum diucapkan, didiskusikan dan dipublikasikan. Mulanya konsep kepuasan dekat dengan kegiatan pemasaran karena adanya orientasi pemasaran terhadap kebutuhan pelanggan. Sekarang, konsep kepuasan telah merasuk ke seluruh jajaran organisasi karena keyakinan bahwa tanpa dapat membangun kepuasan pelanggan niscaya satu organisasi dapat bertahan dan berkembang. Sehingga diyakini bahwa seluruh bagian dalam organisasi mempunyai misi memberikan kepuasan terbaik kepada pelanggan internal maupun eksternal.

Kepuasan tidak saja sebagai tujuan organisasi, akan tetapi juga menjadi strategi (instrumen)

perusahaan. Sebagai strategi, kepuasan berkaitan dengan penyusunan konsep, metode, dan evaluasi untuk dapat memenangkan persaingan. Selanjutnya diyakini adanya hubungan terpola bersifat positif antara kepuasan dengan berbagai hal yaitu word of mouth, menahan pelanggan, loyalitas, dll.  Pelanggan yang memperoleh tingkat

kepuasan tinggi diyakini akan menjadi pelanggan yang loyal, dan pelanggan loyal tidak akan berpindah sehingga memungkinkan perusahaan memperoleh laba sepanjang masa.

 

 

Perumusan Masalah :

Adapun perumusan masalah dalam jurnal ini adalah :

 

  1. Bagaimanakah kepuasan penulis dan pembaca terhadap penelitian yang dihasilkan.
  2. Apakah ada kesamaan factor antara kepuasan penulis dan pembaca .

 

Tujuan Penulisan

 

a)Menjelaskan perkembangan konsep kepuasan pelanggan terkini secara akademis dalam melakukan penelitian.

 

b)Menjelaskan pengelolaan kepuasan sebagai bagian strategi perusahaan

 

Judul 2 : Survey Kepuasan Pelanggan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya
Pengarang : Diah Natalisa Dosen FE Manajemen Universitas Sriwijaya.
Tema : Kepuasan Konsumen
Latar Belakang :
Berbagai macam upaya dilakukan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan kepada pelanggan dengan membangun fasilitas dan infrastrukturnya maupun program-program kurikulumnya. Dengan menempatkan unsur kualitas pelayanan pelanggan sebagai faktor indikator penting, maka hal tersebut dapat meningkatkan kinerja dan daya saing Program Studi MM Unsri di tengah semakin gencarnya tingkat kompetisi yang terjadi saat ini. Dalam visi dan misi yang diemban MM Unsri untuk menyelenggarakan proses belajar dan
mengajar yang profesional perlu dilakukan analisis sampai sejauh mana pelayanan yang telah diberikan Program Studi MM Unsri kepada pelanggan.

  Masalah :
Dalam kondisi yang sangat cepat mengalami perubahan, maka setia organisasi perlu bertindak adaptif sebagai konsekuensi atas perubahan lingkungan internal maupun eksternal yang terjadi dengan orientasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Berbagai macam upaya yang dilakukan Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya adalah upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan kepada pelanggan dengan membangun fasilitas dan infrastrukturnya maupun program-program kurikulumnya. Dengan menempatkan unsur kualitas pelayanan pelanggan sebagai faktor indicator penting, maka hal tersebut dapat meningkatkan kinerja dan daya saing Program Studi MM Unsri di tengah semakin gencarnya tingkat kompetisi yang terjadi saat ini.
Tujuan Penelitian

Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui besarnya kesenjangan antara Kepentingan dan Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Layanan yang diberikan Program Studi Magister Manajemen.
2. Untuk mengetahui Variabel Kualitas Layanan yang perlu ditingkatkan terhadap Kualitas Pelayanan di Program Studi Magister Manajemen.
3. Mengetahui tingkat Kepuasan Pelanggan dan/atau Ketidakpuasan Pelanggan sebagai salah satu pengukuran performance dari Sistem Manajemen Mutu yang ada di Program Studi MM UNSRI.

 

Judul 3: Layanan mobile komersial: Evaluasi Persepsi Pelanggan Terhadap Strategi Pemasaran di Malaysia. (Mobile Commerce: An Evaluate Customer Perception for Marketing Strategy in Malaysia).

Pengarang/Tahun:

Ahasanul Haque dan Noor Raihan, 2003.

Latar Belakang:

  • Era globalisasi dan kemajuan teknologi yang relatif cepat akan mempengaruhi persaingan perusahaan dalam menarik konsumen.
  • Pertumbuhan dan keberhasilan teknologi internet membuka cakrawala baru dalam perkembangan teknologi informasi dan strategi pemasaran.
  • Perkembangan teknologi diharapkan dapat meningkatkan strategi pemasaran sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi dunia bisnis.
  • Penggunaan layanan mobile akan membuka kesempatan bagi perdagangan, layanan pembayaran, layanan informasi, serta dunia hiburan.
  • Saat ini pertumbuhan perdagangan via mobile relatif cepat, sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan hati para konsumen.
  • Layanan yang diberikan kepada konsumen akan mempengaruhi persepsi terhadap kepuasan para konsumen, sehingga perusahaan sebaiknya memperhatikan persepsi konsumen, karena konsumen yang memutuskan pilihannya terhadap produk yang akan dipilihnya.

Rumusan Masalah:

Bagaimana persepsi konsumen atas pilihannya terhadap pemakaian layanan mobile, serta seberapa besar fungsi dari perdagangan via mobile.

Batasan Masalah:

Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada tingkat kepuasan atas persepsi yang diberikan konsumen terhadap penggunaan layanan mobile, serta sejauh mana layanan mobile komersial berpengaruh terhadap dunia bisnis sebagai salah satu strategi pemasaran.

Tujuan Penelitian:

  • Untuk mengetahui tingkat persepsi konsumen terhadap perdagangan via mobile.
  • Untuk mengetahui sejauh mana jangkauan perdangan via mobile sebagai salah satu strategi pemasaran.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s