job design

  • Job Design pada Model Tradisional.

Job design pada model ini terdapat perbedaan tegas antara pemikir (thinking) dan pelaksana (doing). Prinsip dasarnya adalah bahwa pekerjaan-pekerjaan harus mengandung sejumlah tugas yang terkait/sejenis yang masing-masing menghendaki ketrampilan yang sejenis pula dan waktu belajar yang relatif singkat. Sehingga pekerja diharapkan dapat mempelajari dengan cepat dan mengikuti secara tepat metode dan aturan keputusan yang terinci yang akan diterapkan. Mekanisme hubungan kerja dan garis pertanggungjawaban menjadi tugas kewajiban atasan. Sedangkan bawahan hanya melakukan dan mematuhi aturan kerja.

  • Job Design pada Model Human Relations.

Pada model ini job design mengalami sedikit perluasan nuansa dengan diberikannya perhatian pada human needs. Pengembangan hubungan yang baik sesama pekerja dan kesempatan untuk berkembang mulai mendapat tempat. Para atasan sudah mulai diberi tanggung jawab untuk dapat mengembangkan kelompok kerja yang bersatu padu suportif guna menghasilkan performa unit kerja yang baik. Para atasan juga dituntut untuk menciptakan suasana yang kondusif, akrab, bersatu padu, serta konsultatif.

  • Job Design pada Model MSDM.

Pada model ini, dimulai dari asumsi bahwa hanya melalui pemanfaatan kemampuan self-directing dan self-control yang dimiliki oleh para anggota, dan melalui pemberian kesempatan yang lebih besar untuk terlibat aktif bersama-sama dengan atasan dalam proses penentuan dan penetapan tujuan atau sasaran organisasi. Dengan demikian para pekerja dan atasan bersatu padu menciptakan pekerjaan yang berorientasi pada tujuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s